Sabtu, 01 September 2018

Contoh laporan prakerin


                   LAPORAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI

VEBRIKA SWALAYAN

JL. Gunung Semeru, Kuwonharjo, Magetan

Telp. 0351-439416/081556641207

         Diajukan untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Mengikuti Ujian Nasional









                                                          





 Disusun oleh:



                 Nama                    : Miya Ulandari

                             No. Induk Siswa  : 180









PROGRAM STUDI TATA NIAGA

KOMPETENSI KEAHLIAN PEMASARAN

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 PUHPELEM

WONOGIRI

2018



 

LAPORAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI

VEBRIKA SWALAYAN

JL. Gunung Semeru, Kuwonharjo, Magetan

Telp. 0351-439416/081556641207



Lembar Pengesahan Pihak Sekolah

         SMK Negeri 1 Puhpelem

        Wonogiri, September 2018





                                                            Disetujui oleh:







  



    Rina Khaniva, S.Pd                                                               Heriyanto, S.Pd

              NIP. -                                                                                 NIP. -





Mengetahui,



     Kepala Sekolah                                                                       Ketua Prakerin

SMK Negeri 1 Puhpelem                                                                               







        Drs.Joko Widagdo                                                          Bawega Yudoprimahento, S. T

NIP.19650719 200502 1 001                                                              NIP. -






VEBRIKA SWALAYAN

JL. Gunung Semeru, Kuwonharjo, Magetan

Telp. 0351-439416/081556641207

                                          Lembar Pengesahan Pihak Industri

                                                      Vebrika Swalayan

                                            Wonogiri, Septemmber 2018







Disetujui Oleh:





Ketua Jurusan Pemasaran                                                    Guru Pembimbing









    Rina Khaniva,S.Pd                                                       Heriyanto, S.Pd

                               NIP. -                                                                         NIP. -





Mengetahui,

Pemilik Swalayan









Wiwin Indah Tri Kusuma Sari







KATA PENGANTAR



Dengan mengucapkan syukur Alhamdulillah atas kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat serta karunia-Nya. Sehingga penulis dapat menyelesaikan Laporan Pelaksanaan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN). Adapun tujuan pembuatan laporan untuk memenuhi syarat – syarat dalam mengikuti Ujian Nasional tahun ajaran 2018/2019 dan juga sebagai bukti bahwa penulis telah melaksanakan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN).

Penyusunan Laporan Praktik Kerja Industri ini adalah salah satu syarat untuk      mengikuti Ujian Nasional dan laporan ini juga sebagai bukti bahwa penyusun telah melaksanakan dan menyelesaikan Praktik Kerja Industri di VEBRIKA SWALAYAN.

Sehubungan dengan terlaksananya Prakerin ini tidak terlepas dari bantuan dan dorongan dari semua pihak, oleh karena itu saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada:

1.      Bapak Supriyadi selaku Pimpinan Vebrika Swalayan

2.      Drs. Joko Widagdo selaku Kepala SMK NEGERI 1 PUHPELEM

3.      M. Fauzi Munif A selaku Wakasek Humas dan Hubin

4.      Rina Khaniva, S.Pd, selaku Ketua Jurusan Pemasaran

5.      Heriyanto, S.Pd, selaku Pembimbing Prakerin

6.      Sefti Wiri Febriana, S.Pd, selaku wali kelas

7.      Kedua orang tua yang selalu memotivasi kami

8.      Teman – teman seperjuangan Praktik Kerja Industri

9.      Dan semua pihak yang mendukung dalam pembuatan laporan ini

Penulis menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran dari pembaca yang sifatnya membangun. Penulis berharap dengan adanya laporan ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca khususnya bagi pihak yang memerlukan.

                                                                           WONOGIRI, September 2018



                                                                             

                                                                             Penulis

















DAFTAR ISI





HALAMAN JUDUL .................................................................................... i

LEMBAR PENGESAHAN PIHAK SEKOLAH......................................... ii

LEMBAR PENGESAHAN PIHAK INDUSTRI......................................... iii

KATA PENGANTAR................................................................................... iv

DAFTAR ISI................................................................................................. v

DAFTAR GAMBAR.................................................................................... vi

DAFTAR BAGAN........................................................................................ vii

DAFTAR LAMPIRAN................................................................................. viii



BAB I PENDAHULUAN............................................................................. 1

A.    Latar Belakang Praktik Kerja Industri................................... 1

B.     Tujuan Praktik Kerja Industri................................................ 1

C.     Waktu dan Tempat Pelaksanaan PRAKERIN...................... 2

D.    Sistematika Penyusunan Laporan.......................................... 2

BAB II GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN......................................... 3

A.    Sejarah Perusahaan................................................................ 3

B.     Struktur Organisasi................................................................ 4

C.     SOP (Standart Operation Procedure)..................................... 5

BAB III LANDASAN TEORI DAN PEMBAHASAN............................... 7

A.    Landasan Teori....................................................................... 7

B.     Pembahasan............................................................................ 8

BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN...................................................... 16

A.    Kesimpulan............................................................................ 16

B.     Saran...................................................................................... 16

DAFTAR PUSTAKA.................................................................................... 17

LAMPIRAN.................................................................................................. 18

Data Pendukung............................................................................................. 19













DAFTAR GAMBAR

Gambar 1.1 Aplikasi Kasir...................................................................... 11

Gambar 1.2 Mesin Fotocopy.................................................................. 12

Gambar 1.3 Alat Laminating................................................................... 12

Gambar 1.4 Alat Press Mika................................................................... 13

Gambar 1.5 Aplikasi Pospay................................................................... 14

Gambar 1.6 Mesin EDC......................................................................... 15

Gambar 1.7 Memfotocopy...................................................................... 20

Gambar 1.8 Foto Bersama....................................................................... 20

Gambar 1.9 Membanded Barang............................................................ 21

Gambar 2.0 Mendisplay Barang............................................................. 21

































                                     





DAFTAR BAGAN





                   Bagan 1. Struktur Organisasi Perusahaan          ............................................ 4

























































DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran 1. Daftar Riwayat Hidup Penulis............................................................... 19

Lampiran 2. Foto Kegiatan........................................................................................ 20

Lampiran 3. Jurnal Kegiatan Praktik Kerja Industri................................................. 22












  BAB 1
PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang Praktik Kerja Industri (PRAKERIN)

   Praktek Kerja Industri merupakan suatu pendidikan yang dilakukan di dunia kerja. Kegiatan ini dilakukan siswa – siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Dengan diadakannya program ini siswa – siswi dipersiapkan untuk mampu bersaing di dunia kerja dalam upaya pendekatan meningkatkan mutu siswa – siswi sesuai bidangnya.

    Pada dasarnya dalam penyelenggaraan program PRAKERIN ini mempunyai landasan hukum yang sudah dikeluarkan oleh pemerintah yaitu Undang – Undang No 2 tahun 1989 tentang Pendidikan Nasional. Dan Keputusan Mendikbud No 0490/U/1992 tentang Sekolah Menengah Kejuruan.

   Program ini setiap tahunnya dilaksanakan oleh SMK Negeri 1 Puhpelem. Tahun 2018 ini telah melaksanakan program PRAKERIN dari 2 Jurusan yang terdiri dari Pemasaran dan Teknik Sepeda Motor. PRAKERIN berlangsung 2 bulan yang dimulai tanggal 25 Juni s/d 25 Agustus.

B.     Tujuan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN)
Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) merupakan suatu pembelajaran yang dilaksanakan di perusahaan/Industri yang relevan. Secara umum pelaksanaan program Praktik Keja Industri ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa di bidang pemasaran, penyesuaian diri dengan situasi yang sebenarnya, mengumpulkan informasi dan menulis laporan yang berkaitan langsung dengan tujuan khusus. Setelah melaksanakan program Praktik Kerja Industri siswa diharapkan memperoleh pengalaman yang berhubungan langsung dengan kegiatan pemasaran. Dan mempersiapkan diri untuk bekerja dalam satu tim, mengembangkan potensi dan keahlian sesuai dengan minat dan bakat masing – masing.Adapun penyelenggaraan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) pada SMK bertujuan untuk:
1.      Mempraktikkan dan memantapkan teori yang telah didapatkan dari sekolah untuk bekal bagi siswa dalam memasuki dunia industri sesuai dengan program studi yang telah dipilih.
2.      Meningkatkan kerjasama antar sekolah dengan dunia usaha.
3.      Mengembangkan kemampuan siswa untuk mengaplikasikan pengetahuan teori.
4.      Membentuk kepribadian agar tampil percaya diri dan mandiri.
5.      Menghasilkan tenaga kerja yang berkualitas.
6.      Memberikan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari pendidikan.



C.     Waktu dan Tempat Pelaksanaan Praktik Kerja Industri

            Waktu Prakerin dimulai pada tanggal 25 Juni - 25 Agustus 2018.
Tempat Pelaksanaan Vebrika Swalayan.
No.
Sift
Waktu
1.
Pagi
06.00 WIB - 13.45 WIB
2.
Siang
13.30IB – 21.00 WIB



D.    Sistematika Penyusunan Laporan Praktik Kerja Industri
Penulisan Laporan Praktik Kerja Industri terdiri atas 3 (tiga) bab dengan perincian sebagai berikut:
BAB I: PENDAHULUAN
              Bab ini akan membahas mengenai Latar Belakang Vebrika Swalayan,  tujuan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN), Waktu Tempat Pelaksanaan Praktik Kerja Industri, dan Sistematika Penyusunan Laporan Praktik Kerja Industri.
BAB II: GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN
              Pada bab ini membahas gambaran umum perusahaan yang mengenai tentang sejarah perusahaan, struktur organisasi yang berhubungan dengan Vebrika Swalayan.
BAB III: LANDASAN TEORI DAN PEMBAHASAN
               Berisikan tentang definisi, teori, dan pembahasan dari hasil selama Praktik Kerja Industri di Vebrika Swalayan.
BAB IV: PENUTUPAN
               Berisikan kesimpulan dan saran selama pelaksanaan Praktik Kerja Industri di Vebrika Sawlayan.



Bab II
Gambaran Umum Prusahaan


A.    Sejarah Singkat Vebrika

Vebrika Swalayan adalah sebuah swalayan yang terletak di Jl. Gunung Semeru, Kuwonharjo, Magetan. Swalayan pada awalnya adalah sebuah toko kecil yang hanya memiliki lebar 10 m x 10 m pada tahun 2011 lalu dan hanya menjual barang – barang kebutuhan sehari – hari saja.
Seiring berjalan waktu pembeli yang datang semakin banyak dan pada tahun 2015 Pemilik swalayan tersebut mengembangkannya dengan cara melakukan pembangunan – pembangunan atau perluasan area seperti Ruang Fotocopy, Ruang Counter, Tempat Parkir, dan Ruang belakang sebagai Gudang.
Dari tahun ke tahun Vebrika Swalayan berkembang pesat dengan jumlah pembeli yang semakin banyak. Fasilitas yang diberikan toko tersebut juga banyak seperti tempat parkir, wifi, toilet dan lain – lain. Pelayanan yang diberikan pun juga sangat baik, karyawan – karyawan yang ramah, dan cara penataan barang – barang yang baik karena ditata sesuai SOP sehingga memudahkan pembeli dalam memilih barang yang diinginkan. Akhirnya Vebrika Swalayan menjadi sebuah tempat perbelanjaan besar di Desa Kuwonharjo dengan memiliki banyak pembeli.








 
A.    Struktur Organisasi
1.Struktur Organisasi Vebrika Swalayan

PEMIMPIN
 
           


 KARYAWAN






                 

KASIR
 








Bagan 1.1 Struktur Organisasi Vebrika Swalayan

      2. Tugas dan Fungsi Organisasi Vebrika Swalayan
a.       PIMPINAN: Satu orang yang berada dalam posisi TOP UP yang memegag peranan penting dalam sebuah perusahaan baik secara personal maupun non-personal, atau kata lain disebut degan pemilik perusahaan.

b.      KARYAWAN: Tugasnya sesuai yang telah ditentukan oleh pimpinan atau atasannya. Umumnya karyawan bekerja tinggal melaksanakan tugas – tugas yang sudah di instruksikan pemimpin.

c.       KASIR: Melayani dan menerima transaksi customer.



B.     SOP (Standart Operation Procedure)

a.       SOP Kasir

1.      Melayani pembeli dengan etika yang baik dan sopan.
2.      Menerima pembayaran dan menyimpannya di laci kasir.
3.      Mempacking barang yang telah dibeli pelanggan.
4.      Bertanggung jawab untuk menjaga keamanan uang hasil transaksi.
5.      Mengucapkan terimakasih setiap kali selesai transaksi.
6.      Menghitung uang keseluruhan hasil transaksi terakhir.
7.      Mencatat uang ke dalam buku laporan
8.      Membuat laporan transaksi sebelum toko tutup.

b.      SOP Karyawan

1.      Karyawan datang pukul 06.06 s/d 13.45 untuk sift pagi, pukul 13.45 s/d 21.00 untuk sift siang.
2.      Memakai seragam atasan putih dan bawahan hitam.
3.      Semua karyawan diharuskan mematuhi semua peraturan yang telah ditentukan perusahaan.
4.      Semua karyawan diwajibkan berpenampilan rapi, bersih dan menggunakan ID CARD.
5.      Membersihkan area toko dan merapikan barang – barang di gondola.
6.      Menggunakan peralatan toko sesuai dengan fungsinya dan bertanggung jawab.
7.      ISOMA jam 12.00.














c.       SOP Gudang dan Penerimaan Barang

1.      Melakukan pengecekan barang yang dikirim supplier sehingga antara jumlah yang ada di faktur dengan real sesuai dengan PO (Purchase Order).
2.      Memastikan barang yang diterima dalam kondisi baik atau tidak rusak secara fisik maupun belum kadaluwarsa.
3.      Membuat mastering kedalam computer sesuai barang yang diterima.
4.      Menempatkan atau mendisplay barang sesuai dengan ketentuan perusahaan.






1.      Melaksanakan Pelayanan Prima (Service Excellent)

a.       Melaksanakan standart penampilan pribadi
Standar dapat diartikan sebagai suatu ukuran yang dipakai dalam suatu perusahaan. Sedangkan penampilan pribadi mempunyai pengertian sebagai penampilan atau performance dari diri seorang maupun organisasi atau perusahaan yang dapat dilihat dan dirasakan oleh orang atau pihak lain.
Standar penampilan pribadi merupakan penampilan diri seorang, organisasi atau perusahaan yang sesuai standar yang berlaku baik di lingkungan pribadi, masyarakat maupun lingkungan kerja. Penampilan yang baik akan memberikan dampak positif bagi perusahaan dan memberikan kesan baik bagi perusahaan.
Salah satu upaya untuk menjaga standar penampilan pribadi adalah dengan memelihara penampilan pribadi yang berkaitan dengan penampilan prima, etiket, dan komunikatif dalam hal berbicara. Penampilan diri bertujuan menampilkan citra diri sikap penghargaan terhadap orang lain. Penampilan pribadi juga dapat dilihat dari cara berjalan, cara duduk, cara berbicara maupun berpakaian.
b.      Menerapkan prinsip – prinsip pelayanan prima
Menurut Rizal (2011:8-11), prinsip pelayanan prima terdiri dari sejumlah hal yang masing – massing harus diterapkan secara praktis, efisien, alami (alias tidak dipaksakan) serta komitmen untuk terus meningkatkan kualitas operasional dari hasil layanan kepada klien. Prinsip – prinsip tersebut secara khusus telah diatur dalam keputusan menteri pendayagunaan aparatur negara nomor 63 Tahun 2003.
Standar pelayanan prima juga selalu berlandaskan pada standar bagi elemen – elemen didalamnya. Menurut Widaningsih (2011:30 – 36), Pelayanan Prima berdasarkan konsep A3 yaitu:
1.      Attitude

Attitude adalah pemberian pelayanan kepada para pelanggan dengan fokus pada perbaikan sikap pelayanan. Pelayanan prima berdasarkan sikap ini meliputi pelayanan dengan sopan dan serasi, pelayanan dengan berpikir positif, dan pelayanan dengan sikap menghargai.
2.      Attention (perhatian)
Attention adalah suatu bentuk yang lebih nyata dari perwujudan sikap yang diberikan oleh seorang pelayan kepada pelanggan. Perhatian kepada pelanggan dapat diwujudkan seperti: mendengarkan dan memahami secara sungguh – sungguh kebutuhan pelanggan, mengamati dan menghargai perilaku pelanggan mencurahkan perhatian penuh kepada pelanggan.

3.      Action (tindakan)
Action adalah bertindak atau bereaksi dalam memenuhi kebutuhan atau keinginan pelanggan. Tindakan yang cepat dan tepat sangat diperlukan dari seseorang penjual dalam memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan.

c.       Memberikan bantuan kepada pelanggan
Pelayanan bantuan perlu diadakan pada setiap orang yang memiliki badan usaha karena sebagai pusat pelayanan terhadap keluhan pelanggan, membantu memberikan solusi, mengelola setiap keluhan, memberi informasi mengenai proses penanganan permasalahan dan solusi yang diberikan sebagai acuan. Pelayanan bantuan dapat dilakukan dengan cara bentuk pelayanan 24 jam secara langsung/tidak langsung, penggunaan kartu permasalahan, media penerimaan keluhan, saran dan informasi.
Selain itu penyampaian bantuan dapat juga dilakukan dengan cara melalui telepon, sms, E-Mail, dan situs web.

d.      Melakukan komunikasi dengan pelanggan
Secara harfiah komunikasi berasal dari bahasa latin communicare yang artinya pengertian yang sama. Secara etimologis komunikasi berarti proses hubungan untuk memperoleh pengertian





















A.    Pembahasan
1.      Penjabaran Pembahasan
a.       Order Barang
Sebelum penerimaan barang tentunya terlebih dahulu perusahaan mengorder barang dari pihak pemasok. Biasanya sales barang produk tertentu yang mendatangi toko untuk melakukan pengorderan oleh pihak perusahaan.

b.      Penerimaan Barang
Ketika melakukan penerimaan barang pihak sales akan memberikan list barang yang telah diorder untuk dicocokkan dengan barang yang baru datang. Ada dua lembar list, lembar pertama untuk pihak pemasok dan lembar kedua untuk perusahaan. Jika kita melakukan order dengan kredit maka lembar yang diberikan dari pihak pemasok berwarna kuning, sedangkan jika membayarnya dengan cash lembar list berwarna putih akan ditandatangani dari pihak perusahaan dan akan diberikan stampel sebagai bukti bahwa barang sudah diterima. Setelah itu satu per satu barang diinput di computer gudang dengan cara scanning barcode.

c.       Penginputan Barang
Setelah penerimaan barang kemudian barang diinput di computer gudang dengan cara barcode scanning. Tahap awal yaitu hidupkan computer, masuk ke aplikasi kemudian masuk ke persediaan barang. Pastikan kolom pencarian dalam posisi kosong kemudian scan barang, lihat harga awal kemudian cocokkan dengan harga pokok yang tertulis di lembar list jika barang menggunakan PPN maka harga jumlah keseluruhan dikali 10 % kemudian dibagi jumlah barang. Setelah selesai simpan perubahan menggunakan f9.

d.      Display Barang
Display barang merupakan bagian terpenting dalam penjualan. Karena tanpa adanya penataan barang mungkin pembeli akan kesusahan dalam mencari barang yang diinginkannya. Display adalah suatu cara penataan produk oleh perusahaan dengan tujuan untuk menarik minat konsumen.   Menurut William J. Shultz, "Display adalah suatu cara mendorong perhatian, dan minat konsumen pada toko atau barang dan mendorong keinginan membeli melalui daya tarik penglihatan”. Pelaksanaan Display yang baik merupakan salah satu cara untuk memperoleh keberhasilan dalam menjual barang – barang. Pentingnya Penataan Barang Dagangan (Display). Salah satu alasannya adalah karena jumlah pencapaian penjualan mencerminkan dampak dari cara penataan barang yang kita lakukan. Kita harus yakin bahwa dengan penataan barang yang baik (terencana – terorganisir, kreatif, informatif dan komunikatif) akan menghasilkan penjualan yang maksimal, dengan penataan barang yang baik, memudahkan konsumen menentukan barang yang dicari serta menciptakan suasana nyaman dalam berbelanja.
e.       Kasir

Kegiatan yang dilakukan di kasir adalah melakukan penyecanan barang dan melayani pembeli. Setelah barang di scan kemudian barang di packing menggunakan plastik.

Gambar 1.1 Aplikasi Kasir

f.        Membungkus kado
Salah satu kegiatan yang dilakukan di Vebrika Swalayan adalah membungkus kado. Biasanya isi kado ditentukan dari pembeli kemudian baru dikemas sesuai keinginan pembeli. Membungkus kado adalah suatu kegiatan membungkus barang belanjaan pembeli dengan kertas untuk dibuat kado. Membungkus kado harus sesuai dengan ukuran dan rapi.

g.      Retur Penjualan
Retur penjualan adalah barang dagangan yang diterima kembali oleh pemasok atas pengembalian barang dari pihak pengorder karena alasan tertentu. Beberapa alasan atau sebab kenapa barang retur:
     Barang rusak atau cacat.
     Barang tidak sesuai pesanan.
     Barang tidak laku ditoko.
     Barang Expayed

h.      Barcode
Barcode adalah sekumpulan code yg berbentuk garis-garis dan spasi, dimana masing-masing ketebalan setiap garis dan spasinya berbeda sesuai dengan isi code tersebut, fungsi dari barcode yaitu sebagai sarana untuk mempermudah kita dalam menginput data dimana cara kerjanya input data  secara otomatis.




i.        Alat Tulis Kantor (ATK), Counter
Selain Vebrika Swalayan juga tersedia tempat Alat Tulis Kantor, Counter, Tempat Alat Bangunan serta Alat Elektronik yang menyediakan berbagai macam kebutuhan calon pembeli seperti:
1.      Fotocopy
Disana terdapat tempat fotocopy yang menyediakan pelayanan fotocopy mulai dari KK, KTP, buku, dan lain – lain. Mesin fotokopi merupakan sebuah alat teknologi yang berfungsi untuk membuat salinan ke atas kertas dari dokumen, buku, maupun sumber lain.

Gambar 1.2 Mesin Fotocopy
2.      Laminating
Laminating tentunya menggunakan alat yang berfungsi merapikan dokumen agar terlihat rapi dan tidak mudah kotor serta terhindar dari tetesan air.

Gambar 1.3 Alat Laminating











3.      Press Mika
Press Mika berbeda halnya dengan laminating yang sama adalah tujuan dari keduanya yaitu untuk melindungi kertas dari pengaruh buruk lingkungan seperti terkena air, panas dan debu. Jika laminating seperti gambar diatas harus menunggu suhunya panas berbeda dengan press mika yang cukup mudah hanya dengan menekan bagian atas alat press mika. Kelebihan dari press mika kertas yang sudah dilapisi plastik jika dikeluarkan akan kembali seperti semula sedangkan laminating sudah permanen sehingga bila dikeluarkan kemungkinan besar untuk sobek.

Gambar 1.4 Alat Press Mika

4.      Menjilid
Menjilid adalah suatu kegiatan menyusun dokumen yang masih berbentuk lembaran agar menjadi sebuah buku yang utuh.

5.      Membuat Undangan

Di tempat Alat Tulis Kantor juga menyediakan pelayanan pembuatan undangan. Biasanya hanya digunakan untuk acara yang lingkupnya kecil seperti acara aqiqah, kirim do’a, dan syukuran.

6.      Counter
Di Counter menyediakan berbagai jenis kartu perdana, kartu paket data, voucher, aksesoris handphone, flashdisk, memori, dan pulsa.







j.        Token Listrik
Token Listrik terdiri dari pembayaran listrik dan pengisian pulsa listrik. Kita bisa menggunakan pospay untuk token listrik.
Gambar 1.5 Aplikasi Pospay



k.      BPJS
BPJS termasuk dalam perlindungan kesehatan keluarga yang disediakan oleh pemerintah untuk semua kalangan masyarakat. Pada aplikasi pospay klik lalu pilih asuransi pilih tagihan keluarga masukkan nomor BPJS lalu klik enter.

l.        Membanded
Membanded barang adalah suatu kegiatan dimana barang yang berbentuk rentetan dijadikan satu per 5 pcs menggunakan alat dispenser isolatif. Dengan tujuan agar memudahkan dalam pendisplayan.

m.    Price Label
Setiap barang yang baru datang wajib diberi label harga kecuali barang – barang tertentu atau yang bernominal rendah seperti makanan ringan seribuan.

n.      Cek Barang Kadaluwarsa
Cek Barang Kadaluwarsa dilakukan dengan cara melakukan pengecekan satu per satu setiap barang di gondola. Pengecekan ini berfungsi untuk menghindari barang yang sudah expayed.

o.      Menginput Barang
Penginputan barang dilakukan pada saat barang pertama kali barang masuk. Penginputan barang berfungsi untuk membackup data dari computer gudang ke computer kasir.


p.      Mesin EDC
Mesin EDC sudah tidak asing lagi di telinga kita. EDC (Electronic Date Capture) adalah sebuah mesin yang sering kita jumpai dan biasanya tersedia di tempat loket pembayaran atau kasir yang disediakan oleh perusahaan. Mesin ini biasanya digunakan untuk melakukan suatu transaksi dengan menggunakan kartu debit atau kartu kredit dimana mesin ini di keluarkan oleh pihak bank untuk para merchant yang telah melakukan kerjasama, hampir seluruh toko atau outlet-outlet kecil sudah menyediakan mesin ini karena hampir seluruh masyarakat sekarang sudah memiliki kartu debit atau pun kartu kredit yang sudah menjadi gaya hidup di jaman sekarang ini.

 
Gambar 1.6 Mesin EDC

q.      Scan Barang

Sebelum masuk ke tahap transaksi setiap barang harus melalui scaning barang yang berfungsi untuk mengetahui total harga barang yang di beli pelanggan. Selain penyecannan ada pula dengan menggunakan kode yang telah ditentukan perusahaan sebelumnya.



Bab IV
PENUTUP


A.    Kesimpulan
Berdasarkan kegiatan selama prakerin yang telah diuraikan sebelumnya maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:
1.      Terdapat beberapa kegiatan dan system yang sama seperti yang telah dipelajari dari sekolahan. Semua barang – barang yang dijual di Vebrika Swalayan di display rapi sesuai jenis – jenisnya dan terjaga kualitas dan kebersihannya. Begitu pula dengan expayed barang selalu diperhatikan. Pelayanan yang diberikan kepada pembeli sangat baik dan ramah sehingga memberikan kesan yang baik dan memberikan dampak yang positive bagi pembeli. Di Vebrika Swalayan memfasilitasi free wifi, toilet, dan lain – lain.

2.      Barang – barang yang disediakan sangat bervariasi baik dari jenis, bentuk, ukuran dan harganya. Sehingga membuat para konsumen tertarik dengan barang – barang yang dijual.

3.      Selain di Vebrika Swalayan kami juga membantu Fotocopy Mahardika yang juga menyediakan berbagai alat tulis kantor dan lainnya. Adapula di counter yang menjual berbagai aksesoris hp, kartu, dan perlengkapan lainnya. Kami juga membantu di Toko Bangunan dan Alat – alat listrik seperti semen, paku, lampu, kabel, dan lain – lain.

B.     SARAN
Berdasarkan kesimpulan tersebut, maka penulis dapat memberikan beberapa saran yang diharapkan dapat berguna bagi semua pihak. Adapun saran – saran tersebut antara lain:
1.      Bagi DU/DI
a.       Alangkah baiknya jika di Vebrika Swalayan disediakan barang – barang fashion yang nantinya bisa menambah pendapatan juga image perusahaan dimata customer.
2.      Bagi Sekolah
a.       Dalam PRAKERIN selama 2 bulan kurangnya pantauan dari sekolah. Kami harap untuk kedepannya agar Bapak/Ibu Guru lebih memperhatikan dan memantau kegiatan di tempat DU/DI.














Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesantren Kilat